Hindari Kerugian, Sri Mulyani Minta Kepala Daerah Antisipasi Bencana

Sri meminta pemerintah daerah dapat memaksimalkan penggunaan anggaran dalam menanggulangi bencana.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta para kepala daerah memperhatikan penanggulangan bencana yang terjadi di Indonesia. Hal ini penting untuk mengurangi kerugian negara akibat bencana alam.

Sri Mulyani mengatakan, bencana alam dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia secara signifikan. Sri mencontohkan, gempa bumi yang terjadi di Indonesia dapat berpotensi merugikan negara hingga US$ 30 miliar atau setara dengan 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Tsunami Aceh itu telah membuat cost US$ 4,5 miliar. Yogyakarta waktu gempa kehilangan 30% GDP daerah,” kata Sri di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (7/2).

Selain itu, bencana kebakaran hutan yang terjadi beberapa waktu lalu membuat kerugian negara hingga US$ 16,1 miliar, baik dari sisi kesehatan manusia maupun ekonomi. Akibat bencana alam yang terjadi, 189.711 orang telah meninggal dunia sejak 2005-2015.

“Kalau dilihat dari 2004, tsunami Aceh, gempa di Yogyakarta, gempa di Padang, banjir di Jakarta, erupsi Gunung Sinabung, semuanya menimbulkan kerusakan pada infrastruktur,” tambahnya.

Sri mengatakan, bencana alam di Indonesia seharusnya tidak lagi menjadi kejutan, melainkan menjadi perhatian bersama. Sebab secara geografis Indonesia memiliki 129 gunung berapi.

Indonesia juga diapit oleh dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia pun menjadi tempat pertemuan lempeng tektonik yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

“Potensi terjadinya bencana alam, seperti banjir dan gempa bumi harus menjadi perhatian bersama. Tidak seharusnya surprise terhadap bencana,” kata Sri.

Untuk itu, Sri meminta agar pemerintah daerah memaksimalkan penggunaan anggaran dalam menanggulangi bencana. Selain itu, dia juga meminta agar dalam penyusunan desain infrastruktur memasukkan mitigasi risiko bencana alam.

“Kita harus hidup dengan memasukan potensi risiko ini hadir di negara ini dan bagaimana  mendesain program pembangunan yang resilient,” kata dia.

Be the first to comment on "Hindari Kerugian, Sri Mulyani Minta Kepala Daerah Antisipasi Bencana"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*